Recent Posts

Tutorial Codeigniter Bahasa Indonesia : Alur Kerja dan Konsep MVC

BERBAGIBERSAMA-Diagram alur kerja dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


  1. File index.php sebagai file yang bertindak sebagai kontrol halaman depan. File ini menginisialisasi semua resource yang diperlukan untuk menjalankan CI atau halaman situs.
  2. Routing, memeriksa setiap request HTTP dan melakukan apa yang dilakukan terhadap request tersebut, tergantung rule yang ada.
  3. Apabila terdapat Cache maka sistem akan mengirimkan cache tersebut secara langsung ke browser tanpa harus melewati perantara secara normal. 
  4. Sebelum membuka Aplication Controller, setiap request HTTP dan data yang dikirm oleh pengguna makan akan di filter terlebih dahulu melalui sebuah sistem pengamanan.  
  5. Controller kemudian memuat seluruh resource, baik itu Model, Library maupun Helper yang digunakan untuk  memproses request atau data yang dikirimkan. 
  6. Tahapan  terakhir adalah view, berfungsi me-render hasil olahan Controller dan mengirimkannya ke web browser. Apabila sistem cache diaktifkan maka view akan di cache terlebih dahulu.

Konsep MVC adalah konsep pemisah antara logic dengan tampilan dan database. Mangaat konsep ini adalah membuat coding logic lebih simple, karena sudah dipisah dengan code untuk tampilan dan membuat programmer dapat bekerja secara terpisah dengan designer. Programmer mengerjakan logic, sedangkan designer berkutat dengan design dan tampilan. Secara detil dapat dijelaskan :
MODEL, merupakan code struktur data. Model berfungsi di dalam pengolahan database. Script SQL masuk disni.
VIEW, merupakan code untuk menampilkan tampilan suatu program. Tampilan dapat berupa web page, header, footer dan apa saja yang berjenis tampilan.
CONTROLLER, merupakan code untuk logic, algoritma dan sebagai penghubung antara model, view, dan sumber lain yang diperlukan untuk mengolah HTTP Request dan generate web page.

Sumber : Codeigniter User Guide 
Bagikan
    Komentar Blogger

0 komentar:

Post a Comment

Gunaka bahasa yang santun dalam berkomentar.